Rabu, 13 Maret 2013

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Perkembangan Motorik Anak.



1. Faktor keturunan. Biasanya anak yang memiliki orang tua dengan riwayat perkembangan motorik yang cepat akan mengalami perkembangan yang cepat juga, begitu pula sebaliknya.

2. Konsumsi gizi yang cukup dari makanan alami dan sehat disertai kondisi psikologis ibu yang baik/bahagia pada saat mengandung, mendorong perkembangan motorik yang cepat dibandingkan anak yang ibunya ketika dalam kandungan mengalami kekurangan gizi dan mengalami stres.

3. Kondisi anak dalam kandungan juga dapat digunakan dalam memprediksi kecepatan perkembangan motorik. Semakin aktif janin bergerak biasanya akan semakin cepat perkembangan motorik anak setelah ia dilahirkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Bunda mulai mengobservasi aktivitas si kecil pada saat pemeriksaan kandungan dengan USG untuk melihat apakah nanti Bunda akan kewalahan sambil bersenang-senang mengejar ke sana sini si buah hati yang aktif.

4. Proses persalinan yang sulit yang menyebabkan kerusakaan otak anak akan berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya nanti, termasuk perkembangan motorik. Oleh karena itu Bunda, penting sekali bagi kita untuk mengkonsultasikan rencana persalinan dengan cermat dan berhati-hati dengan dokter yang kompeten, sehingga proses persalinan dapat berjalan dengan lancar dan selamat bagi ibu dan anak.

5. Kesehatan dan gizi yang baik setelah proses kelahiran, dimana 6 bulan pertama kehidupan anak diberi ASI secara eksklusif, dan makanan pendamping ASI yang bergizi setelah usia 6 bulan ke atas.

6. Bentuk tubuh anak juga akan berpengaruh terhadap kebebasannya bergerak, sehingga memungkinkannya untuk lebih cepat menguasai keterampilan motorik tertentu.

7. Stimulus yang cukup dari lingkungan, khususnya dari orang tua. Stimulus ini dapat berupa rangsangan, dorongan dan kesempatan untuk menggerakkan anggota badannya. Sifat lingkungan yang terlalu melindungi (over protective) dan membatasi gerak anak dapat memperlambat kesiapan anak dalam mengembangkan keterampilan motoriknya.



http://irma-perkembangananak.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar