Kamis, 28 Maret 2013

Manfaat Tidur Siang Untuk Anak



Setiap orang butuh istirahat terutama tidur. Bagi anak – anak tidur mungkin bukan kegiatan yang menyenangkan karena akan mengurangi waktu bermain mereka. Membiasakan anak untuk selalu tidur, terutama tidur siang akan memberikan banyak manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.
Anak yang terbiasa dengan jadwal tidur siang, tidak akan mudah lelah dan mencegah terjadinya penghambatan
pertumbuhan pada anak. Hal ini diungkapkan oleh Dr Handrawan Nadesul , ” Setelah lewat usia satu tahun anak mulai lebih aktif dan waktu tidurnya mulai menurun. Setelah anak mulai bisa aktif berjalan, lebih sukar mengajaknya tidur, padahal mereka masih membutuhkannya lebih banyak. Laju pertumbuhan tubuh anak yang dibiasakan tidur siang lebih optimal dibanding anak yang tidak tidur siang”.
Saat usia anak sudah mengenal masa bermain , biasanya anak sudah mulai sulit untuk diajak tidur siang. Tetapi para orang tua harus lebih pintar menyiasati agar si kecil mau untuk diajak tidur siang karena pentingnya manfaat tidur siang bagi pertumbuhan anak. Seperti yang diungkapkan dokter Nadesul, selama tidur siang hormon pertumbuhan atau yang disebut human-Growth Hormone (h-Gh) lebih membanjir dalam darah. “Hormon ini yang merangsang pertumbuhan tubuh anak. Maka, anak yang terbiasa tidur siang bertumbuhnya lebih pesat atau lebih tinggi, dibanding anak yang tidak tidur siang,”
Ada beberapa orang tua beranggapan bahwa anak yang tidur siang, di takutkan malamnya akan kesulitan tidur. Ternyata hal tersebut tidak dapat dibenarkan, karena sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Brian Crosby dari Pennsylvania State University yang meneliti beberapa anak yang tidak tidur siang cenderung menunjukkan gejala psikologis yang buruk. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak yang tidak tidur siang lebih signifikan mengalami gejala hiperaktif, gelisah dan depresinya. Namun diakui hasil dari penelitian ini tidak bisa membuat kesimpulan apapun secara langsung. Menurut Dr. Crosby, “Mungkin anak-anak yang lebih hiperaktif, pemarah dan lainnya karena anak-anak tidak tidur siang atau tidak tenang untuk tidur siang. Ini merupakan hal yang penting untuk diteliti lebih lanjut lagi. ”
Biasanya anak mulai meninggalkan jadwal tidur siangnya saat ia berusa diatas 5 tahun. Agar anak tetap mendapatkan kualitas tidur yang baik dalam tidur siangnya, bantu mereka untuk bisa menikamti tidur siangnya dengan membiarkan mereka beraktivitas sesuai rutinitasnya an saat ia merasa lelah memungkinkan anak melakukan tidur siang yang berkualitas.
Berikut beberapa manfaat tidur siang bagi anak :
1. Dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi lebih tinggi.
2. Mencegah kelelahan pada anak yang selalu aktif, sehingga tidak rewel, pemarah.
3. Membantu meningkatkan memori anak yang membuat otak kembali fresh sehingga ia akan lebih mudah menerima rangsangan yang diberikan.
4. Membantu meningkatkan memori anak yang membuat otak kembali fresh sehingga ia akan lebih mudah menerima rangsangan yang diberikan.

sumber : http://irma-perkembangananak.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar